Content

MENATA RUANGAN TAMU YANG SEMPIT


Ada 4 tips menata ruangan tamu sempit rumah minimalis yang harus Anda perhatikan untuk mencapai kesempurnaan ruangan tamu. 

Keseimbangan Warna pada ruangan tamu

Untuk ruangan tamu yang sempit, sebaiknya warna cat dinding dengan furnitur atau aksesoris harus dalam komposisi seimbang. Tentukan warna cerah yang senada untuk keduanya. Kombinasi warna yang seimbang dapat menciptakan suasana indah pada ruang antamu. Untuk warna cat dinding sebaiknya memilih warna tunggal karena jika mengaplikasikan warna yang ramai ruangan terkesan kurang rapi. Warna dinding cukup dipadupadankan dengan warna aksesoris supaya terjadi keseragaman warna untuk mendapat kesan ruangan yang lebih lega.

Permainan Warna di Ruangan Tamu

Untuk ruangan tamu sempit dibutuhkan permainan warna-warna lembut terutama untuk aksesoris atau pernak-pernik, misalnya vas bunga, taplak meja, dan bingkai foto. Warna-warna soft seperti putih, kuning lime, turquoise, krem, atau kuning gading merupakan pilihan warna ideal untuk hiasan-hiasan semacam itu. Sentuhan warna terang seperti merah atau hijau lime juga perlu ditambahkan agar ruangan tamu terlihat lebih dinamis dan menarik.

Furnitur Sederhana pada Ruangan Tamu

Khusus untuk furnitur baku seperti sofa, meja, dan kursi sebaiknya Anda pilih yang ukurannya tidak terlalu besar dengan desain sederhana. Dalam hal ini Anda harus memprioritaskan fungsi furnitur tersebut daripada desainnya. Tidak perlu terlalu over dengan menambahkan banyak ornamen, cukup furnitur yang didesain simetris untuk mempertegas konsep minimalis pada ruangan tamu Anda. Bila perlu Anda cukup menggunakan furnitur mungil, misalnya kursi rotan yang ramping atau dua buah sofa kecil dikombinasikan dengan meja kaca transparan. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan space ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

Aksesoris Ruangan Tamu Kecil

Tips menata ruangan tamu sempit rumah minimalis ini juga berkaitan dengan masalah keseharian anak Anda. Pemilihan dan penempatan aksesoris yang salah akan berpengaruh pada keamanan anak-anak. Pilihlah aksesoris yang simple supaya tidak mengganggu lalu lintas anak saat mereka bermain. Karena ruangan tamu Anda sempit, hindari menempatkan rak buku atau lemari besar di ruangan tamu supaya tidak membahayakan anak-anak Anda.